Kamis, 02 November 2017

Penjelasan Ilmu Dasar Ekonomi Lengkap ( Deskriptif, Teori, dan Terapan )


      Penjelasan Ilmu Dasar Ekonomi Lengkap ( Deskriptif, Teori, dan Terapan )
Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari  tentang segala tingkah laku manusia yang bertujuan untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas serta usaha dalam membuat suatu alternatif barang atau jasa untuk memuaskan kebutuhan hidup manusia yang tak terbatas. Peran ekonomi dalam masyarakat sangat memberikan dampak yang sangat besar bagi suatu kehidupan. Hal ini yang dapat menyebabkan banyaknya pembagian-pembagian dalam ilmu ekonomi tersebut.

    Pembagian Ilmu Ekonomi Menjadi 3 Kelompok Dasar
Ilmu Ekonomi merupakan sebuah ilmu yang mempunyai ruang lingkup pembahasan masalah ekonomi yang sangat luas. Dalam mempelajarinya, dibentuklah pembagian ilmu ekonomi menjadi beberapa bagian dasar. Ada 3 dasar pembagian ilmu ekonomi, yaitu
- Ekonomi Deskriptif
- Ekonomi Teori
- Ekonomi Terapan
    Berikut ini adalah penjelasan mengenai pembagian ilmu ekonomi diatas :

1.Ekonomi Deskriptif
   Ekonomi deskriptif adalah kelompok dasar ekonomi yang membahas mengenai keadaan perekonomian yang sebenarnya terjadi di masyarakat. 
Cara Kerjanya berupa :
   a. Mengumpulkan informasi-informasi yang faktual berkaitan dengan masalah ekonomi. 
   b. Keterangan ekonomi deskriptif didapatkan dengan berbagai cara seperti pengidentifikasian, pendefinisian, pengukuran fenomena, dan pengumpulan data. 
Dalam ekonomi deskriptif tidak ada penjelasan mengapa fakta-fakta tersebut terjadi dan tidak ada penilaian atas fakta-fakta tersebut. 

Bagian dari ilmu ekonomi yang memaparkan secara apa adanya tentang kehidupan ekonomi suatu daerah/negara pada suatu masa tertentu. Contoh : Hasil produksi ikan di Flores Timur untuk tahun 2009, Ekonomi Indonesia menjelang PJP II

2.Teori Ekonomi (Economic Theory)
   Teori ekonomi adalah kelompok dasar ekonomi yang membahas kumpulan asas atau hukum ekonomi sebagai dasar untuk melaksanakan kebijakan ekonomi . Dengan maksud menerangkan hubungan antara peristiwa ekonomi dan merumuskan hubungan tersebut dalam suatu hukum atau teori ekonomi. 
Cara Kerjanya berupa :
Berusaha untuk menggeneralisasi data-data ekonomi dan memberikan penafsiran atas suatu data. Dan data tersebut dalam bentuk sudah diolah, disusun, serta diuji coba. 

Teori ekonomi dibagi menjadi 2, yaitu :

A. Ekonomi Makro 
     Ciri-cirinya :
    - Membahas mengenai mekanisme perekonomian secara keseluruhan. 
    - Cakupan ekonomi makro sangat luas, seperti pendapatan nasional, tingkat pertumbuhan ekonomi, pengangguran, inflasi, dan tingkat harga. 
    - Tujuannya untuk memahami berbagai peristiwa ekonomi dan merumuskan serta memperbaiki kebijakan ekonomi.

  Contoh Ekonomi Makro :
   - Kemiskinan dan pemerataan
   - Krisis nilai tukar
   - Hutang luar negeri
   - Perbankan, kredit macet
   - Inflasi
   - Pertumbuhan ekonomi
   - Pengangguran

B. Ekonomi Mikro 
     Ciri-cirinya :
    - Membahas mengenai perilaku individu dan rumah tangga produksi atau perusahaan dalam membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas. 
    - Cakupannya ekonomi mikro tidak luas seperti ekonomi makro.

  Contoh Ekonomi Mikro :
   - Penjual dan Pembeli di pasar
   - Hubungan Produsen , Konsumen dan distributor 

3.Ekonomi Terapan (Applied Economics)
   Ekonomi Terapan adalah kelompok dasar ekonomi yang menggunakan hasil kajian teori ekonomi untuk menjelaskan fakta-fakta yang dikumpulkan oleh ekonomi deskriptif. Jadi untuk mempelajarinya kalian harus mengetahui dulu tentang ilmu Ekonomi Teori dan Deskriptif. 

   Ekonomi terapan termasuk dalam arena kebijakan pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah dengan bukti empiris (dengan pengamatan). Ekonomi terapan antara lain menggunakan teori ekonomi, pengukuran, metode analisis statistik, dan ekonometrika untuk menjelaskan fenomena ekonomi dan untuk menginformasikan kebijakan ekonomi.

 Contoh Ilmu Ekonomi Terapan :
   - ekonomi di perusahaan, 
   - ekonomi moneter, 
   - ekonomi perbankan, dan sebagainya.

Demikianlah pembahasa mengenai “Ilmu Dasar Ekonomi” Berupa Pengertian dan Penjelasannya. Semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Tags :
Pengertian Ilmu Dasar Ekonomi Lengkap ( Deskriptif, Teori, dan Terapan )
Penjelasan Ilmu Dasar Ekonomi Lengkap ( Deskriptif )
Penjelasan Ilmu Dasar Ekonomi Lengkap ( Teori )
Penjelasan Ilmu Dasar Ekonomi Lengkap ( Terapan )

Disqus Comments