Selasa, 07 November 2017

Cabang - Cabang Ilmu Ekonomi Beserta Penjelasan [Lengkap]


      Pembagian 8 Cabang Ilmu Ekonomi

      Ilmu ekonomi, kalau kita berbicara masalah tersebut pasti yang ada dipikiran kita adalah jual beli. Padahal Ilmu ekonomi tidak hanya membahasa masalah itu saja. Karena apa ? Ternyata ilmu ekonomi mempunyai 8 cabang. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai 8 cabang dari ilmu ekonomi ini, sehingga diharapkan bisa memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan baru, terutama mengenai hal-hal yang berhubungan dengan ilmu ekonomi.

Cabang - Cabang Ilmu Ekonomi 
1. Ekonomi Moneter
       Merupakan salah satu dari cabang ilmu ekonomi yang membahas dan mengkaji mengenai fungsi, sifat dan juga pengaruh dari uang terhadap perekonomian. Contoh dalam kehidupan masyarakat : 
- Perbankan, 
- Inflasi, 
- Jumlah uang yang beredar di masyarakat, 
- Tingkat suku bunga atau lembaga lembaga keuangan lainnya. 

2. Ekonomi Publik
       Merupakan cabang dari ilmu ekonomi yang mengkaji, membahas dan menelaah mengenai masalah ekonomi dari khalayak ramai. Intinya ilmu ekonomi ini membahas tentang kebijakan pemerintah dalam perekonomian. Contoh dalam kehidupan masyarakat :
- Kebijakan subsidi, 
- Pajak, 
- Pendidikan, 
- Hutang pemerintah  
- APBN, 
- APBD
- Retribusi dan sebagainya. 

3. Ekonomi Regional
       Merupakan salah satu cabang dari ilmu ekonomi yang fokus dan mengkaji mengenai industri ekonomi yang terjadi diantara suatu wilayah dengan wilayah lainnya. Atau bisa juga diartikan ilmu ekonomi yang membahas interaksi ekonomi antar wilayah dan proses pengembangan suatu wilayah. Contoh dalam kehidupan masyarakat :
- Demografi, 
- Transfortasi dan juga infrastruktur.

4. Ekonomi Internasional
       Merupakan cabang ilmu ekonomi yang membahas dan mengkaji mengenai kegiatan perekonomian yang terjadi diantara suatu negara dengan negara lainnya. Singkatnya membahas tentang kegiatan perekonomian antarbangsa atau antarnegara. Contoh dalam kehidupan masyarakat :
- Ekspor dan Impor
- Transaksi perdagangan antarnegara, 
- Aliran investasi antarnegara, dan 
- Neraca pembayaran.

5. Ekonomi Industri
       Merupakan cabang ilmu ekonomi yang memfokuskan diri membahas mengenai interaksi dari berbagai perusahaan di dalam sebuah industri. Termasuk juga di dalamnya membahas mengenai struktur pasar dan persaingan usaha. Contoh dalam kehidupan masyarakat :
- Dapat berupa persaingan usaha, 
- Kinerja perusahaan, atau kartel. 
- Ekonomi mikro. 

6. Ekonomi SDM (Sumber Daya Manusia)
       Merupakan cabang dari ilmu ekonomi yang khusus membahas mengenai hal hal yang berhubungan dengan faktor sumber daya manusia. Intinya ekonomi ini membahas faktor produksi tenaga kerja. Contoh dalam kehidupan masyarakat :
- Produktifitas pekerja 
- Jumlah upah minimum regional (UMR)
- Masalah pengangguran, 
- Upah minimum, dan 
- Tingkat pendidikan calon tenaga kerja.

7. Ekonomi SDA (Sumber Daya Alam)
       Merupakan cabang dari ilmu ekonomi yang membahas, dan mengkaji mengenai analisis masalah dan juga alokasi dari SDA yang optimal berdasarkan ekonomi. Contoh dalam kehidupan masyarakat : 
Eksternalitas positif dan negatif.

8. Ekonomi Syariah
       Merupakan cabang dari ilmu ekonomi yang bertujuan untuk menerapkan sistem perekonomian yang sesuai dengan syariat agama islam. Intinya ekonomi ini bertujuan untuk menerapkan ekonomi Islam. Contoh dalam kehidupan masyarakat : 
- Pokok bahasannya antara lain prinsip bagi hasil, 
- Penghapusan riba pada perekonomian, dan 
- Zakat.

      Demikianlah pembahasan cabang -cabang ilmu ekonomi dari saya. Semoga bermanfaat bagi kita semua, dan apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel diatas. Mohon bantuanya dengan memberi saran dan kritik melalui komentar di bawah. Terimakasih.

Tags :
Cabang - Cabang Ilmu Ekonomi Beserta Penjelasan
Jenis Jenis Cabang Ilmu Ekonomi 
Daftar Cabang Ilmu Ekonomi
8 Cabang Ilmu Ekonomi
Sebutkan 8 cabang ilmu ekonomi !
Sebutkan cabang cabang ilmu ekonomi !
Disqus Comments