Jumat, 22 Juni 2018

BAB Masalah Ekonomi Dalam Kaitan Kebutuhan Manusia (Materi)


   Selamat datang di Harmoni-Ekonomi sobat, kali ini saya akan membahas mengenai BAB Masalah Ekonomi Dalam Kaitan Kebutuhan Manusia. Materi ini sebenarnya diambil dari buku KTSP LKS Ekonomi SMA Kelas 1 pada awal bab. Lalu untuk lebih jelasnya, berikut uraiannya ^.^

A. Masalah Ekonomi
   Apakah yang menyebabkan permasalahan itu timbul? Bagaimana cara mengatasinya? Para ahli mengartikan bahwa masalah adalah kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Jadi, semakin banyak kita memiliki harapan, semakin banyak pula harapan yang mungkin tidak terkabul. Hal tersebut yang biasanya akan menimbulkan masalah. Begitu juga secara ekonomi. Manusia secara alami memiliki banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi, namun di sisi lain alat pemuas kebutuhan tersebut sangat terbatas. Dari kesenjangan itulah kemudian timbul masalah ekonomi. Masalah ekonomi memacu kita untuk dapat menyelesaikannya dan mendorong untuk memanfaatkan seluruh potensi diri dan lingkungannya.

B. Kebutuhan Manusia yang Tidak Terbatas
   Kebutuhan adalah keinginan manusia terhadap suatu barang dan jasa dalam usahanya untuk mempertahankan kehidupannya dimana pemuasannya dapat bersifat jasmani dan rohani . Keinginan merupakan suatu hal yang ingin kita miliki , namun apabila kita tidak berhasil mendapatkannya maka kelangsungan hidup kita sebagai manusia tidak akan terancam.

   Kebutuhan manusia itu tidak terbatas , baik jumlah maupun macamnya. Hal ini disebabkan oleh beberapa factor berikut ini yaitu :
1. Karena kodrat manusia
Sudah menjadi kodrat  bahwa manusia mempunyai sifat yang selalu merasa kekurangan saja dan semakin meningkatnya sarana yang di miliki semakin banyak pula kebutuhan yang di rasakan belum terpenuhi.
2. Factor alam dan lingkungan
Struktur alam tempat manusia itu berada mendorong manusia itu untuk bertindak atau berbuat menyesuaikan diri dengan alam lingkungannya.
3. Factor lingkungan masyarakat
Lingkungan masyarakat merupakan factor dominan. Sebagai penyebab tidak terbatasnya kebutuhan manusia itu.
4. Factor perdagangan internasional
Akibat dari pesatnya perdagangan luar negeri atau internasional , maka semakin banyaknya barang-barang luar negeri yang masuk ke negeri kita sendiri , yang menyebabkan kebutuhan dalam negeri baik kebutuhan Negara maupun kebutuhan masyarakatnya meningkat dengan pesat.
5. Factor Akulturasi Budaya
Sebagai akibat dari lancarnay perdagangan internasional , bukan hanya barang saja yang masuk ke dalam negeri namun kebudayaannya pun ikut berperan ke dalamnya. Yang biasa di sebut dengan Demonstrasi effect yaitu sifat atau kebiasaan meniru tingkah laku orang lain atau yang di lihatnya. Misalnya mode pakaian , rambut dan lain-lain.
6. Tingkat pendapatan
Semakin tinggi tingkat pendapatan seseorang semakin banyak kebutuhan hidupnya. Misalnya, kebutuhan seorang pengusaha kaya berbeda dengan kebutuhan para karyawannya.
7. Agama dan kepercayaan
Perbedaan agama dan kepercayaan yang dianut seseorang mengakibatkan timbulnya berbagai macam kebutuhan yang berbeda sesuai dengan norma agama yang dianutnya.

C. Macam – Macam Kebutuhan
1.   Kebutuhan Menurut Intensitasnya
   Kebutuhan ini dipandang dari urgensinya, atau mendesak tidaknya suatu kebutuhan. Kebutuhan ini dikelompokkan menjadi tiga: kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier, serta kebutuhan kwarter.
a. Kebutuhan primer , merupakan kebutuhan yang harus di penuhi oleh manusia yang menginginkan hidup layak. Kata primer berasal dari bahasa latin “primus” yang berarti pertama . jadi kebutuhan primer adalah kebutuhan yang pertama atau utama. Misalnya seperti makanan , minuman , pakaian , kesehatan , pendidikan dan perumahan.
b. Kebutuhan sekunder , kata sekunder berasal dari bahasa latin “Secundus” yang artinya keua. Kebutuhan ini berbeda antara orang satu dengan yang lainnya. Misalnya mobil bagi orang yang penghasilannya tinggi merupakan kebutuhan sekunder , namun bagi orang yang penghasilannya rendah , itu merupakan barang yang sangat mewah.
c. Kebutuhan tersier ,  terseier berasal dari bahasa latin “lertius” yang artinya ketiga. Jadi tingkat pemenuhannya  setelah kebutuhan utama dan kedua.
d. Kebutuhan kwarter , merupakan kebutuhan yang hanya bisa di penuhi oleh orang-orang tertentu saja. Contoh perabotan mewah , lukisan mahal , maupun koleksi alat-alat rumah atngga yang mahal.
2.   Kebutuhan Menurut Sifatnya
   Kebutuhan ini dibedakan menurut dampak atau pengaruhnya terhadap jasmani dan rohani.
a. Kebutuhan jasmani, contohnya: makanan, pakaian, tempat tinggal, dsb.
b. Kebutuhan rohani, contohnya: musik, menonton bola, ibadah, dsb.
3.   Kebutuhan Menurut Waktu
   Kebutuhan ini dibedakan menurut waktu sekarang dan waktu masa yang akan datang.
a. Kebutuhan sekarang, adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang juga, seperti: makan di saat lapar, atau obat-obatan pada saat sakit.
b. Kebutuhan masa depan, yaitu pemenuhan kebutuhan yang dapat ditunda untuk waktu yang akan datang, misalnya: tabungan hari tua, asuransi kesehatan, dsb.
4.   Kebutuhan menurut social budaya
a. Kebutuhan social , merupakan kebutuhan yang timbul karena menusia harus hidup bersama dengan manusia lainnya.  Misalnya : berpakaian dinas , kendaraan bermotor dan bersepatu
b. Kebutuhan psikologis , merupakan kebutuhan yang berhubungan dengan sifat rohani manusia, misalnya kebutuhan akan rasa aman , di hargai sesame manusia dan kebutuhan akan ketentraman hati.
5.   Kebutuhan menurut subyek
   Kebutuhan ini dibedakan menurut pihak-pihak yang membutuhkan. Kebutuhan ini meliputi:
a. Kebutuhan individu, yaitu kebutuhan yang dapat dilihat dari segi orang yang membutuhkan, misalnya: kebutuhan petani berbeda dengan kebutuhan seorang guru.
b. Kebutuhan masyarakat, disebut juga kebutuhan kolektif atau kebutuhan bersama, yaitu alat pemuas kebutuhan yang digunakan bersama, misalnya: telepon umum, jalan umum, WC umum, rasa aman, dsb.

D. Pemenuhan Kebutuhan
   Karena semakin terbatasanya ketersediaan kebutuhan maka terkadang manusia dihadapkan dengan beberapa pilihan, antara lain :
a. Kebutuhan Individual
   Kebutuhan ini berhubungan langsung atau diperuntukkan bagi perseorangan. Manusia sebagai makhluk pribadi, mempunyai kepentingan atau kebutuhannya yang berbeda-beda. Misalnya kebutuhan pakaian seorang guru berbeda dengan seorang petani atau buruh pabrik.
b. Kebutuhan Kelompok atau Kolektif
   Kebutuhan yang dimanfaatkan atau dirasakan secara bersama-sama dalam masyarakat disebut kebutuhan kelompok (kolektif). Misalnya kebutuhan adanya pasar, jalan, jembatan, listrik, dan rumah sakit.

E. Sumber Daya
   Dalam pengertian umum, sumber daya dapat didefinisikan sebagai suatu barang atau jasa yang memiliki nilai ekonomi atau nilai jual. Jadi, jika disimpulkan sumber daya dapat juga diartikan sebagai komponen dari ekosistem yang menyediakan barang dan jasa sehingg membantu dapat membantu kebutuhan manusia. Sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan manusia, sumber daya dibagi menjadi 3 macam antara lain:
1. Sumber Daya Alam
Pengertian sumber daya alam secara umum ( atau biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang terkandung di alam ini dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Misalnya: air, minyak, gas, batu bara, hutan, tanah, dan lain-lain. Sebagian besar sumber daya alam jumlahnya terbatas.
2. Sumber Daya Manusia
   Sumber daya manusia (biasa disingkat menjadi SDM), yaitu potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan.
   Kriteria agar dapat dikatakan sebagai sumber daya manusia antara lain;
- Harus ada pengetahuan, teknologi atau ketrampilan (skill) untuk memanfaatkannya.
- Harus ada permintaan (demand) terhadap sumber daya tersebut.
3. Sumber Daya Modal
   Sumber daya modal adalah sumber daya yang dibuat oleh manusia baik berupa uang maupun barang yang dapat digunakan dalam membantu proses kegiatan produksi. Sumber daya modal meliputi teknologi, peralatan, informasi, dan fasilitas fisik. Sumber daya modal merupakan hasil karya manusia. Sumber daya ini dapat dikelompokkan menjadi sebagai berikut:
a. Menurut wujudnya, sumber daya modal adalah modal uang dan barang
b. Menurut sifatnya, sumber daya modal adalah modal tetap dan lancar
c. Menurut subjeknya, sumber daya modal adalah modal perorangan dan kemasyarakatan
d. Menurut bentuknya, sumber daya modal adalah modal konkret (nyata) dan abstrak
e. Menurut sumbernya, sumber daya modal adalah modal sendiri dan pinjaman

F. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kebutuhan Manusia di Suatu Tempat
   Keinginan manusia dalam memenuhi kebutuhan berbeda-beda sesuai dengan factor yang mempengaruhinya. Factor yang mempengaruhi manusia dalam memenuhi kebutuhannya adalah sebagai berikut :
- Lingkungan alam, contoh orang yang tinggal di daerah pegunungan akan memakai pakaian yang tebal
- Mode. Bentuk rumah pakaian dan perhiasan di sewakan dengan mode yang sedang menjadi kegemaran masyarakat sekarang ini
- Peradaban. Pada masa awal kemerdekaan , orang tidak membutuhkan telepon seluler , akan tetapi semacam itu sekarang merupakan suatu kebutuhan.
- Adat istiadat. Adat istiadat suatu daerah berbeda dengan daerah lain. Misalnya upacara perkawinan orang jawa dengan orang bali berlainan
- Mata pencaharian. Masyarakat petani ingin memenuhi kebutuhan yang berkaitan dengan mata pencahariannya. Misalnya bajak , cangkul , bibit dan sarana irigasi
- Pandapatan. Misalnya si “B” karena pendapatannya meningkat , ia ingin membeli mobil . ia ingin memnuhi kebutuhan atas barang yang semula tidak terbeli olehnya.
- Kebiasaan konsumen. Contoh , orang yang di daerah Maluku dan irian jaya mempunyai kebiasaan mengkonsumsi sabu.

    Ya itulah pembahasan mengenai BAB Masalah Ekonomi Dalam Kaitan Kebutuhan Manusia. Aslinya masih sangat panjang yang harus dibahas, karena artikel ini mempunyai limit, jadi hanya ini yang dapat kami sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf, Terimakasih Telah Berkunjung ^.^

Tags :
- Materi Pelajaran Ekonomi Bab Kebutuhan Manusia
- Apa Saja Masalah Ekonomi Dalam Sehari-hari ?
- Hal Yang Memengaruhi Kebutuhan Manusia Tidak Terbatas
- Apa Saja Macam-Macam Kebutuhan Manusia ?

- Apa Saja Faktor Yang Memengaruhi Kebutuhan Manusia
Disqus Comments